Tata Usaha SMK AL-HADI Bandung

salam kasih untuk para pembaca semua…:)

dalam kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi cerita tentang kehidupan pribadi saya. sudah hampir 1 tahun menjadi seorang pegawai tata usaha di salah satu sekolah yang cukup terbilang Maju namun tidak disangka jumlah murid yang cukup lumayan banyak. sekolah SMK AL-HADI Bandung sudah mampu menjaring hampir 1000 siswa dengan 4 Jurusan . tapi bukan itu yang akan saya ceritakan. “Suka duka menjadi Seorang Pegawai Tata Usaha” itu ternyata menurut saya banyak sukanya ketimbang dukanya. kenapa bisa? cintai saja kerjaan yang anda jalani sekarang ini. dengan hati ikhlas dan tanpa beban membuat bekerja itu serasa hal yang menyenangkan. saling bertukar pendapat dengan pegawai lainnya yang satu instansi atau beda instansi itu lumayan saya lakukan. itu semua saya lakukan untuk menambah kenalan dan nambah juga pengetahuan.

saya memilih bekerja disekolah itu merupakan pilihan yang cukup tepat saya ambil untuk saat ini. karena disekolah kita bisa jadi “Awet Muda”…hehehe. tahun pelajaran silih berganti murid masuk dan ada juga yang lulus. tapi kita serasa tetap aja seperti ini. mungkin diluaran sana anak murid yang sudah lulus banyak yang berhasil. tapi kesenangan disekolah itu berbeda dengan seperti kita bekerja di sebuah perusahaan besar dengan gajih yang mungkin saya pikir jauh dengan gajih menjadi seorang pegawai tata usaha. namun pekerjaan ini memberikan kesenangan tersendiri yang banyak saya rasakan 🙂banyak hal yang saya dapatkan disini yang mungkin tidak bisa didapatkan di tempat pekerjaan lainnya. beberapa hal “Suka” yang saya rasakan :

  1. kita bisa bekerja selalu didepan komputer dengan melihat data-data tentang sekolah, pegawai, murid dan masih banyak. (ini sih hobi saya depan komputer)
  2. murid-murid yang cantik dan ganteng 🙂 *penyegeran bercanda dengan mereka
  3. belajar tentang cara menghandle orang tua murid. dengan type dan karakter yang berbeda-beda
  4. sekalian bisa ibadah juga. dengan membantu murid-murid yang membutuhkan bantuan karena mereka ingin sekolah namun tersendat dari masalah ekonomi. dan kita mengajukan perbantuan kepada pihak-pihak terkait.
  5. bermain dengan file dan berkas-berkas *seru banget dibuat pusing
  6. berhubungan dengan tipikal guru-guru yang berbeda, dengan masing-masing karakter mereka yang berbeda
  7. terkadang anak-anak suka curhat juga. mungkin karena saya terbilang pegawai tata usaha yang paling muda dan bisa lebih dekat dengan anak-anak.
  8. dan mungkin masih banyak kesenangan lainnya yang tidak bisa saya ungkapkan semuanya. namun bisa dirasakan saja.

namun tidak semuanya mulus dengan kesenangan-senangan saja. adapun “Duka” yang sering dirasakan, antara lain :

  1. yang pertama itu ya pastinya tekanan dari atasan dong tentang pekerjaan kita. ya walaupun memang itu adalah tanggung jawab  saya. semua tau kan gimana kalau atasan ada kemauan ya harus mau gak mau banyak gak banyak kerjaan kita wajib dilaksanakan. hehehe
  2. pasti saya pulang seperti penjaga gerbang sekolah. masuk paling pagi dan pulang paling malem kalau kerjaan kita banyak dan itu udah dedline. uh…itu rasanya seperti kita dikejar-kejar waktu yang bakal menelan kita dengan gayanya yang terus maju tanpa bisa di putar kebelakang.
  3. kalau udah mau ujian tengah semester atau pun ujian akhir semester itu pasti diijamin kita mesti menjadi pegawai yang punya “Tangan Gurita”.
  4. apalagi mau bagi raport. itu moment terdasyat yang bener-bener bikin waktu itu terasa cepat banget. tiba-tiba udah berubah tuh matahari jadi bulan..:D
  5. mungkin masih banyak juga sih “duka” yang dirasain. namun semua itu bisa dibuat enjoy ko kalau kita enjoy juga ngerjainnya.

 disini juga saya akan mendeskripsikan apa ajasih kerjaan pegawai tata usaha itu.

Tugas pokok dan fungsi tata usaha sekolah SMK Urusan tata usaha sekolah adalah bagian dari unit pelaksana teknis penyelenggara sistem administrasi dan informasi pendidikan di sekolah/madrasah(permendiknas 24/2008)Fungsi kepala tata usaha :

1. Perencana administrasi program dan anggaran

2. Koordinator administrasi ketatausahaan

3. Pengelola administrasi program

4. Penyusun laporan program dan anggaran

5. Pembina stafTugas tata usaha( tenaga administrasi ) sekolah SMK Melaksanakan :

1. Administrasi kepegawaian

2. Administrasi keuangan

3. Administrasi sarana dan prasarana

4. Administrasi kehumasan

5. Administrasi persuratan dan kearsipan

6. Administrasi kesiswaan

7. Administrasi layanan khusus

8. Teknologi informasi dan komunikasiDikdasmen 260-261/1996

1. Administrasi kepegawaian :Melaksanakan prosedur dan mekanisme kepegawaianMerencanakan kebutuhan pegawaiMenilai dan membina stafRincian tugas :Mengisi buku induk pegawaiMenyusun daftar urut kepangkatanMenerbitkan surat tugas/keputusanMenyusun data dan statistik kepegawaianMenyusun arsip dan file pegawaiMengelola daftar hadir pegawai, dll

2. Administrasi keuangan :Melaksanakan administrasi keuangan sekolah,Meliputi keuangan rutin/dana komite sekolah/bantuan, dll.(dalam pelaksanaanya dilaksanakan olehPerangkat bendahara yang bertanggungJawab kepada kepala tata usahaRincian tugas :Menyimpan dokumen, rekening giro/bankMenerima dan melakukan pembayaranMenyimpan arsip/dokumen dan spj keuanganMembuat laporan penggunaan keuanganMembuat laporan posisi anggaran (daya serap )Mencatat keuangan berdasarkan sumber keuanganya pada buku kas umum, pembantu dan tabelaris, dll

3. Administrasi sarana dan prasaranaMerencanakan kebutuhan dan mengelola saranaRincian tugas :1. Menyusun daftar kebutuhan sarana dan prasarana2. Mencatat dan menginventarisir sarana3. Menyimpan dokumen kepemilikan4. Membuat daftar inventarisasi ruang, dll

4. Administrasi kehumasanMelaksanakan hubungan sekolah dan masyarakatRincian tugas :Membantu proses kegiatan komiteMenjalin kerja sama dengan pemerintah dan lembaga masyarakat serta keterlibatan pemangku kepentingan (stakeholders)Mencatat dan mendokumentasikan proses kegiatan kehumasanMempromosikan sekolah/madarsah dan mengkoordinasikan penelusuran tamatan

5. Administrasi persuratan dan kearsipanMelaksanakan tugas kesekretariatan dibidang tata persuratan dan kearsipanRincian tugas :1. Mengelola surat masuk dan keluar2. Menggandakan surat/tikrey3. Mengelola buku ekspedisi persuratan4. Memelihara dan menata kearsipan dan dokumen , dll

6. Administrasi kesiswaanMelaksanakan proses administrasi kesiswaanRincian tugas :1. Membuat daftar nomor induk siswa2. Menyusun daftar keadaan siswa3. Membuat usulan peserta ujian4. Menginventarisir daftar lulusan5. Menyimpan daftar kumpulan nilai (leger)6. Menginventarisir pendaftaran siswa baru7. Mengisi papan data keadaan siswa,dll

7. Administrasi layanan khususMelaksanakan fungsi koordinator layanan khususRincian tugas :Koordinator petugas layanan khusus ; penjaga, tukan kebun, petugas kebersihan, pesuruh, dan pengemudiMembantu program layanan khusus ; uks, bimbingan konseling, laboratorium/bengkel dan perpustakaan, dll

8. Teknologi informasi dan komunikasi Koordinator layanan data dan informasi Rincian tugas :Mengakses dan mengelola dataMendokumentasikan administrasi Menginformasikan serta mempromosikan Hmmm, bisa kita bayangkan begitu banyak jobdesk tata usaha meskipun begitu tidak sedikit sekolah yang hanya memiliki 2 staf tu dengan semua pekerjaannya… Namun tidak sesuai dengan honor yang diterima. Namun tidak semua sekolah yang rela dan benar” mengalokasikan dana operasional yangdiberikan pemerintah untuk kemajuan tata usaha sekolahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: